Tazy’s life in Europe

Kehidupan saya di Eropa.

Saya percaya mimpi bisa menjadi nyata. Saya percaya bahwa jika menginginkan sesuatu dengan sungguh-sungguh, berjuang dengan sungguh-sungguh, berdoa tiada henti, Insya Allah semua yang diinginkan bisa tercapai. Dan ini salah satunya. Salah satu dari mimpi besar saya.

STUDYING ABROAD.

Diawali dari hampir 3 tahun yang lalu, setelah lulus, bertekad mencari beasiswa. VLIR tahun 2010, gagal. FULBRIGHT tahun 2010 gagal. MONBUSHO tahun 2010 juga gagal. Dilanjutkan perjuangan tahun berikutnya, VLIR 2011 gagal, dan.. di awal tahun 2011, mendapat kejutan menyenangkan dari LOTUS ERASMUS MUNDUS. Beasiswa ke negri waffle dan coklat didapatkan, gak tanggung-tanggung, saya mendapatkan jurusan yang saya inginkan: HUMAN NUTRITION.

Why studying abroad?

Pertama, field yang saya inginkan, sangat berkembang di luar negri, jika saya hanya lanjut S2 di Indonesia, ilmu saya tentang nutrisi sulit berkembang. Dan saya menemukan di Belgia ini human nutrition-nya sangat baik. Tidak hanya belajar tentang nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tapi juga studi tentang populasi, perekonomian, pengembangan pedesaan, yang terkait dengan nutrisi, bisa juga belajar kaitan antara nutrisi dengan cell and molecular biology. Sangat menarik.

Kedua, tentu semenjak saya sadar bahwa: SAYA ADALAH WARGA DUNIA (I AM A WORLD CITIZEN). I have to go out and see the world. Karena dunia gak hanya INDONESIA saja, bung!! Anda semua patut menginjakkan kaki di seluruh dunia ini, di bumi Allah tercinta.

Ketiga, saya ingin “tumbuh”. Saya selama ini hanya diam di tempat, tinggal di Bandung, Zona Nyaman saya. Selain itu, paling hanya Kerja Praktek di Jakarta, itu pun setiap minggu pulang. Dan saya sepenuhnya sadar, kalau saya terus di Bandung, saya tidak akan “tumbuh”, gak banyak belajar, karena manusia itu tumbuh di zona tidak nyamannya, manusia belajar saat dia dihadapkan pada hal-hal baru, menantang dan keras.

Keempat, dan yang terpenting: ini adalah perintah Allah. Allah menyuruh manusia untuk menuntut ilmu. Allah juga menyuruh manusia untuk berjalan di muka bumi. Mengenal dunia, mengambil pelajaran dari setiap perjalanan.

Tentunya, masih banyak alasan saya ingin kuliah di luar negri, seperti: mencari jodoh, belajar masak, belajar hidup mandiri, berkenalan dengan teman-teman baru, melihat salju dan segala keunikakan negara temperata 🙂

Dan kali ini, melalui blog ini, akan saya ceritakan hal-hal menarik yang saya temukan di sini. Cerita mengenai kehidupan di Eropa, karena tentu saja, saya ke Eropa bukan hanya untuk Belajar Human Nutrition, walaupun belajar adalah tujuan utama saya.

So, enjoy my writings dan i really hope that it will motivate you to reach your dreams. Because the most exciting part of studying abroad is not studying abroad itself, but more to finally reach your goals.

And this is a story about me, living my dreams.

Leave a Reply

