Groningen 412

Buat perantau, wajib hukumnya buat ngekos, bukan? Yah either itu nyewa rumah, kamar, studio, apartemen. Nah loh, apa itu bedanya? Kalau di Eropa, kosan namanya beda-beda, sesuai dengan kelengkapannya. Misalnya studio, jenis kosan lengkap kamar mandi, kitchen dan tempat tidur dalam satu ruangan, kalau apartemen, biasanya kamar tidurnya ada banyak, minimal 2 lah, kalau student room, itu kamar untuk pelajar, memang cuma kamar saja, tanpa kamar mandi di dalem atau dapur, jadi kamar mandi dan dapurnya sharing. Kalau di asrama universitas, karena kamarnya banyak banget, sharingnya bakalan sama banyak orang, seperti di asrama saya dulu, Home Vermeylen. Satu lantai isinya puluhan kamar, 10 toilet untuk rame2, 8 shower room juga untuk rame-rame. Tahun kemarin, kami, para pelajar Internasional sudah dilarang untuk tinggal lagi di Home Vermeylen untuk tahun ajaran berikutnya, kami didaulat pindah ke asrama baru, yang kini konon harganya 361 Euro/ bulan untuk yg nyewa setahun, dan 391 Euro/bulan untuk sewa kurang dr setahun. Banyak perdebatan di antara anak-anak International student waktu itu, pro dan kontra, walaupun kebanyakan kontra, kalau saya termasuk yang pasrah. hmmm, lebih ke arah setuju untuk pindah, karena walaupun lebih mahal tapi ada kamar mandinya di dalam kamar.

Ketika saya sudah pasrah dan my mind already set to move out from home vermeylen, tiba-tiba aja Rektor bikin keputusan untuk meng-cancel peraturan itu, akibat protes teman2 International Student. Tapi saat itu sy udah mikir bakal pindah dan kepikiran juga kalau tahun 2012-2013 itu saya bakal thesis dan gak enak banget kalau tetap tinggal di asrama Home Vermeylen karena mesti bolak-balik ke kamar mandi di luar, pake kerudung dl kalau mau ke kamar mandi, belum lagi shower room-nya gak 100% ketutup sodara2!! Ada celah di atas bawahnya. Akhirnya setelah meminta pendapat sana-sini, saya memutuskan untuk pindah ke Home baru, yang pada bulan September, saya tahu bahwa saya ditempatkan di Home Groningen, tepat sebrang Home Vermeylen. Gedung baru khusus untuk International student dengan kamar lengkap dengan fridge, kamar mandi, dan tentunya telepon kamar, untuk telepon gratis ke kamar2 asrama seluruh asrama UGent…

Setelah pindahan yang cukup memusingkan karena ternyata barang2 saya selama setahun bertambah lebih dari 2x lipat, dan setelah settle juga, baru ngerasaaaa bangeeeeet kalau kamar saya itu nyaman banget. And to personalize it I decorate my room a bit with mirrors, map, postcards my friends sent me, dan banyak hiasan lainnya..

So here it is, My new room in Groningen 412… (412 is my room number btw :P)

My new room

Begitu masuk kamar ada space buat nyimpen coat dan sepatu, gambar sebelah kiri itu pintu masuknya.. ada fridge di sebelah kiri ketika masuk kamar. Sayangnya, fridge-nya ga ada freezer, tapi alhamdulillah ada temen org Vietnam baik banget ngasihin fridge yg ada freezernya gratis untuk saya. Di sampingnya ada kamar mandi, yg kata adik saya kayak hotel.

_MG_9751

Supaya lebih nyaman dan lebih ngerasa kalau kamar ini kamarku, saya dekorasi kecil2an dengan peta eropa, postcards dr temen dijadiin kayak wall of fame git, ada yg dari Jerman, Jepang, Singapore, dan Indonesia… Rata2 dr temen tumblr sih, ada juga yg dr adik2 πŸ˜€ Kado buzz lightyear dr temen di Hong Kong juga aku pajang, supaya kamarnya tambah “tazy banget”

Daaaannn, serunya lagi, karena saya anaknya suka warna-warni, dan memang sih bed covernya waktu itu juga beli warna-warni dr sejak sebelum pindahan malah, di raknya, karena ditempatin di atas kasur, makanya udah pasti gak bisa ditaro buku kuliah. Susah ngambilnya, mana sy juga pendek, hehee, jadilah saya buat jadi pajangan semua koleksi saya, juga buku2 yg saya beli di Gent book fair. Plus Mug2 koleksi souvenir dr berbagai kota yang saya kunjungi. Gambar di atas belum update, karena sy ambil pas pertama kali pindahan. Sekarang koleksinya tambah banyak :”)

_MG_9754

Meja belajar pun gak kalah rame πŸ™‚ dari mulai Buzz lightyear lego, tempat receh bentuk kelinci kuning, eiffel mickey, sampe hiasan m&ms.

_MG_9746

Dan sekarang, setelah mulai terbiasa masak pakai rice cooker, jadi lumayan sering masak di dalam kamar, hohooo.. Makin jarang keluar kamar deh, apalagi semasa ujian kemarin.. Masak nasi kuning, spaghetti carbonara, nasi goreng semua pakai rice cooker, dan saya punya spot sendiri di dalam kamar untuk menaruh bahan dan alat masak πŸ™‚

_MG_9749

But what I like the most from my new room is the view :”) Dulu pas di Vermeylen tinggal di lantai 1 dan ngadep ke bangunan lain, jd gak oke, padahal jendelanya gede juga… Kamar yg sekarang ini lantai 4, lantai paling atas di home groningen dan pemandangannya Indah.. Walaupun ke arah bangunan juga, tapi bisa liat atap2 bangunan itu, dan cantik banget kalau pas saljuan dan senja. Terima kasih Allah, Alhamdulillah untuk kamar yang senyaman ini. Β I can already call this room “HOME”, karena kata orang rumah itu tempat pulang dr segala tempat, dr segala perasaan gak nyaman. Tempat ternyaman untuk mengeluarkan semua perasaan yang kamu hindari untuk rasakan di luar, tempat kebebasan, juga buat saya tempat berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Sudah banyak orang yg mampir ke “rumah” saya ini, dan keinginan saya ketika mereka pergi dr rumah saya hanya satu, merasa senang :”) Semoga semua teman-teman yg pernah singgah senang yaaa di rumah saya iniii…

Window view copy

 

 

Advertisements

4 comments on “Groningen 412

  1. kak tazy. sept ini insyaAllah aku jadi mahasiswa Ghent juga πŸ™‚ tapi ini masih bingung milih asrama. aku anak EM juga kak tapi action 1 master degree biomedical engineering. cukup nggak sih kak kalo dengan living allowance kita buat tinggal di yang semacam groningen? aku udah baca posting kakak yang sebelumnya soal vermeylen dan aku (beneran jauh lebih suka) yang groningen ini >,< minta saran ya kak πŸ™‚ makasih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s