Our Year-end Traveling #2: Enrichment of soul, experience and friendship!!

Melanjutkan postingan sebelumnya: Planning our year-end traveling

Traveling 9 hari dari mulai 22 Desember 2012 – 31 Desember 2012 ke 7 kota, 4 negara, saya nobatkan sebagai best traveling ever this year!! I am truly overwhelmed with gratitude to Allah for allowing us having this such a SUPERB, AWESOME, trip!! Selain perjalanannya paling lama dibandingkan traveling2 saya sebelumnya, juga karena dari awal sampai akhir, kecuali pesawat di akhir, kami melaluinya dengan perjalanan darat, mostly kereta, ke berbagai negara dengan tipe transportasi yang berbeda, bahasa yang berbeda, mata uang yang berbeda, dan SUHU yang berbeda pula. Kalau digambarkan dari Gent itu masih anget, sampai Cologne agak dingin karena hujan, terutama angin, ke Munich dan Neuschwanstein gak terlalu dingin juga, we can still cope with the weather, even in the journey to Neuschawantein, I put off the fleece inside my jacket, means I only wore 3 layers of clothes, instead of 4 as usual. No snow. Lanjut ke Salzburg, mulai agak dingin karena daerah pegunungan, kami mulai menggigil tuh, terutama ketika pergi ke puncak2 bukit tertentu, dan kami udah gak berani jalan-jalan terlalu malam, takut kedinginan. Sampai Vienna apalagi, dinginnya muantaapppss.. Sarung tangan dipakai, dan di Praha pun lebih dingin dr Vienna, sampai-sampai jalan2 pun hanya sampai jam 4 sore, selebihnya istirahat di hostel, WiFi-an.. ๐Ÿ˜› Daaan sesampainya di Budapest, ehm, Terima kasih Allah, ini dingin bangettt!!!! Gak jalan-jalan malem juga karena suhu yang gak bersahabat.

Karena alasan keragaman itulah saya merasakan kalau perjalanan ini memperkaya jiwa, pengalaman dan persahabatan. Pengalaman sudah pasti kaya dari mulai perencanaan perjalanan, exploring the unknowns with map, asking local people, the destination itself, dan jiwa diperkaya dari berbagai kejadian yang mengandung hikmah luar biasa, dan somehow, hikmah-hikmah itu adalah flashback dari keseluruhan tahun 2012, yang kemudian nantinya jadi pelajaran untuk tahun 2013 agar lebih baik, looking inside myself, knowing myself better, realizing flaws and thanking God for everything that happened, juga mempererat persahabatan karena kita bersama-sama kurang lebih 9 hari, saling membantu dalam segala hal, berjalan bersama-sama without anyone left behind, bertoleransi, tertawa, sedih, saling menguatkan, menertawakan kebodohan, sampai berbicara tentang hikmah bersama. Sesuatu yang gak akan pernah didapatkan dengan arranged trip by travel agent, kan? Masa muda, masanya jalan2 dengan sahabat, enjoy precious moment with them before everyone is taken. Meskipun beberapa orang berkata akan lebih enak jalan2 dengan keluarga ke sini, atau dengan pasangan ke sini. But hey, it’s all different!! Enaknya beda-beda, dan just enjoy the moment, please… Kapan lagi ketawa2, nyanyi2 sherina, kodok ngorek, di Vienna dan Budapest?? Kalau sama keluarga pasti senang juga, sama pasangan apalagi, tapi ini adalah momen bersama sahabat-sahabat, di mana kamu bisa belajar satu sama lain, bersyukur atas kehadiran semuanya. WAH!! LUAR BIASA… Terima kasih Allah buat persahabatan yang terjalin karena perjalanan..

Oke, setelah bikin penasaran dengan spoiler tadi, inilah cerita perjalanan kami, yang membuat saya bisa bilang semua hal di atas.. Memang saya hanya mencoba menerjemahkan seluruh rasa yang diperoleh dari 5 indera ke dalam tulisan.. Semoga saja Anda bisa merasakannya juga..

22-23 Desember 2012 [Gent – Kรถln]

Lima wanita, 3 rute, 1 tujuan.

Kami berlima, tapi uniknya, kita pergi dr Gent ke Koln dengan cara yang beda-beda. Tazy dan Yosay naik Thalys dr Stasiun Liege, Syifa naik TGV dari Brussels Midi, lalu Dothy sama Audisny naik Bus Eurolines dr stasiun Damport. Walaupun beda2 moda transportasinya, dan jamnya pun berbeda-beda, tapi kita sukses bertemu di Koln Hauptbahnhof. Syifa yang datang duluan jemput Disny dan Dothy, lalu mereka ke Hostel naro barang, dan jemput tazy dan yosay yang sampai paling terakhir, hahaa.. Pas bertemu, kami langsung makan siang

_MG_6997

27899_10151316126440742_355584422_nDi Koln, nothing special, hanya jalan2 sekitaran Dom-nya yg terkenal banget itu, foto2, jalan2 di Christmas Market yg katanya terkenal banget (sayang gak motret Christmas Market-nyaa..)..

Cuma kami sempat beli gula-gula kapas gitu, dimakannya deket carrousel, soooo unyu :3 Dan kejadian EPIC di Koln adalah ketika teman saya yosay HILANG!!! Saya cari2 di Christmas Market beberapa putaran gak ada, dihubungi gak bisa, karena pulsa dia abis, gak bisa roaming.. Akhirnya kita cm bisa kirim sms meeting point, dan stlh beberapa jam akhirnya ketemuu.. Alhamdulillah.. Habis itu ada kejadian EPIC No.2: Lost in a museum!! jadi ceritanya kami ini nyari tourism attraction yg menarik untuk dikunjungi, terpilihlah suatu museum bernama Colombia. Tiket masuk 5 Euro kalau gak salah, dan itu 5 Euro untuk terjebak dalam suatu ruangan yang dingin. Gak bisa keluar!! Ruangannya kayak gua di dalam kamar gitu, ada gaung2nya. Menyeramkan, tp akhirnya kami bisa keluar jugaa, sepertinya ada penjaga yg sadar dan pintunya terbuka.

Kiddos eagerly eating cotton candy near carroussel in Koln Christmas Market

Lalu sisanya dihabiskan di dalam kamar hostel yg nyaman banget. Dorm Ensuite (Kamar Mandi di dalam) yang isinya ternyata cuma kita berlima!! Menghabiskan malam sambil cerita2 dan makan yoghurt smarties!!! Juga penghitungan uang, karena sistem kami ngumpulin uang untuk akomodasi di satu orang, untuk museum dll di org yang lainnya, Jadi kita gak mesti repot2 lagi ngeluarin uang ketika bayar hostel, bayar tiket2 bus, kereta dan transport dalam kota. Semuanya sudah dikumpul jadi satu.

Koln hari itu hujan.. Dari Sabtu malam hingga minggu pagi.. Jadilah kami hanya berputar sebentar paginya di tepi sungai Rhein di tengah hujan yang deras banget pake angin juga. Dan pagi jam 9, kami berangkat ke Muenchen.

23 Desember 2012 [Kรถln-Muenchen]

Seharian di tanggal 23 Desember ini kami dedikasikan sebagai hari kereta sedunia!!! Why oh why?? Karena kami rela naik kereta 9 jam lebih dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam, dengan 5 kereta berbeda!! Jadi kita total pindah kereta sebanyak 4 kali!! Frankfurt-Nurnberg-Suatu kota dan Wuzburg, lalu baru sampai Muenchen. Ini karena kami ingin berhemat, dengan membayar hanya 8,2 Euro saja per orangnya… Memakai tiket best deal-nya DB (Deutsche Bahn), yaitu weekend ticket seharga 42 Euro yg berlaku sampai dengan 5 orang, ke seluruh Jerman, syaratnya mesti pake kereta regional yg setiap berapa stasiun berhenti, dan gak ada yg direct!! Hohoo, karena kalau kereta direct macem IC atau ICE mahal banget, bisa ratusan, saudara-saudara.. dan kami memang low-budget travel, jd menekan harga di mana2 deh pokoknya.

_MG_7066

Tapi serunya bisa ketemu sm temen di Frankfurt yg bawain Pizza serta kue-kue… Gak tega katanya liat 5 orang cewe2 berkereta selama 9 jam lebih dan gak ada makan siang. Hohoo… Terima kasih banyak kepada Pizza Delivery Man lah yaa.. Menyelamatkan perut-perut kelaparan 5 cewe2 traveler ini ๐Ÿ˜€ Kalau kata alien di toy story: “You saved our life, We are eternally grateful” ๐Ÿ˜›

Daaaaannn dari 9 jam perjalanan, 4 kali ganti kereta ini kami amazed banget sama pemandangan Jerman.. Luar biasa bagus, sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan alam dan kota yg WOW, merasa ingin sekali mengeksplor negara ini sampai ke seluk-beluknya, suatu saat. Dan uniknya lagi, kami dapet berbagai jenis kereta, dari mulai kereta yang baguss, sampai yg ngampar doong, di gerbong sepeda!!!! Banyak kegiatan sambil di kereta.. Yang paling rajin adalah Disny!! Sempat2nya dia belajar untuk ujian di gerbong yang gak nyaman kayak gitu!! Kalau Syifa dan Yosay kerjaannya makanin kue, hihiii.. Dan Dothy, oke banget deh, duduk di kopernya sambil baca novel. That’s style, bro!! Sedangkan saya? Uring2an nyari socket krn batere hape abis, gak penting!! Tapi akhirnya tazy, yosay dan syifa punya kegiatan yg sama: Gangguin adik bayi berbahasa Jerman.. hihiii.. Adek bayinya lucu sekali, ekspresif luar biasa dan mau banget senyum2 ganteng kalau difoto…. Nice, dek!! Terima kasih telah menjadi penghibur kami yaaaa ๐Ÿ˜€

Train to Muenchen

Sampai Muenchen, tepaaaarrrr…. Langsung masuk hostel dan gak keluar-keluar lagi sampai besok perjalanan ke Neuschwanstein Castle.. Hihii.. Di hostel ini sayangnya kami terpisah… Tazy dan Yosay menempati Mixed dorm Ensuite, jd ada 2 orang cowok yg tinggal di kamar itu, hanya kenalan dengan salah satunya, Laki-laki India yang kerja di US, bernama Arun, orang yg asik dan kami belajar mengenai toleransi dan gaya “suka-suka gue” di Hostel, hahaa. Jadi menurutnya, Hostel itu tempat banyak orang, mau kamu ribut, ya orang lain harus menerima itu dan kamu juga mesti menerima kalau org lain ribut atau kentut, haha!! UNIK!!

And the journey continue with the famour Neuschwanstein castle di episode selanjutnya (semacam sinetron bersambung!!)

2 comments on “Our Year-end Traveling #2: Enrichment of soul, experience and friendship!!

1. Pingback: Our Year-end Traveling #3: Enrichment of soul, experience and friendship!! (Neuschwanstein Castle!!) | My Life in Europe

2. Pingback: Our Year-end Traveling #4: Enrichment of soul, experience and friendship!! (Vienna-Prague) | My Life in Europe