Diasuh Nana di Gent

image

Senangnya Nana bisa menemani Hudza selama satu setengah bulan di Gent, sebelum ayah datang.. Di awal2 kedatangan, Nana selalu nemenin Hudza kalau Bunda nya pergi ngurus administrasi. Waktu itu Hudza masih ASI eksklusif, tapi karena sering Bunda tinggal keluar dan ASI perah masih sangat sedikit, jadi menyerah deh eksklusifnya, dan terpaksa dikasih susu formula. Hudza yang sudah terbiasa minum ASI langsung pun menolak sama sekali minum pakai dot, baik ASI perah mau pun sufor. Jadi selama Hudza ditinggal Bunda, Nana berjuang gmana caranya ngasih susu ke hudza yg sudah mulai rewel dan haus.. Akhirnya Nana berhasil ngasih pakai sendok.. Saat itu masih sendok stainless steel, karena gak kepikiran beli sendok bayi, hudza kan blm makan juga. Tapi karena hudza maunya minum pakai sendok, jadi bunda beliin sendok bayi buat hudza, sayang di sini gak ada sendok yang ada tampungan buat cairannya, atau semacam soft feeder medela pun ga ada, harus mesen online. Tapi alhamdulillah karena kesabaran Nana, Hudza mau minum sedikit demi sedikit pakai sendok. Nana terus terusan jaga Hudza selama belum dapat daycare, jd di awal2 Nana ga bisa jalan2 menikmati kota Gent. Kalau weekend baru kami jalan2 keluar sekitar kota Gent, pernah juga sampai Brugge.

Pas Hudza sudah masuk daycare, alhamdulillah Nana jadi punya lebih banyak waktu. Tapi tetap saja Nana sibuk memasak masakan kesukaan Bunda!! Terharuuuu banget ketika sampai rumah sudah ada sop iga bakar, atau tumis2 sayuran..

image

Sop Iga Bakar kreasi Nana, enaaaakkk banget..

Selain masak, Nana nya Hudza yang super keren ini menghabiskan waktu menjelajahi kota Gent!! Sendirian!!

image

Hasil Nana menjelajah kota Gent, ketemu Portus Ganda, dan hasil foto Nana bagus sekali

Tanpa peta, hanya berbekal ingatan selama jalan2 sama Bunda dan Hudza, tanya orang sana-sini, juga kenekatan menjelajah, Nana jalan2 sendirian di sekitar rumah. Nana bahkan sempat ke tempat daging halal sendirian, padahal bunda belum pernah nunjukkin, saat itu ada wanita berjilbab baik hati yang mau nganterin Nana ke sana. Bunda juga amazed ngelihat Nana yang aktif, lincah dan explorer banget, bahkan Nana nemu hal hal yang belum pernah Bunda tau sebelumnya, misalnya daerah cantik dekat sungai besar bernama Portus Ganda, kabarnya dekat rumah, kemudian Resto Hema yang menyajikan Fish n Chips, juga cake dan kopi, atau Ibu ibu yang jualan poffertjes di mobil daerah Korenmarkt yang ada stiap hari Rabu!! Wowww.. Dan ujung2nya malah Nana lho yang jadi tour guide kita kalau weekend, atau kalau bunda lagi kosong.. Makan bareng di Hema sih favorit kita.

image

Resto Hema favorit, karena bisa nongki cantik hihi

Hampir sebulan sudah lamanya Nana “terkurung” di Belgia. Bunda sempat merasa sangat bersalah gak bisa nemenin Nana jalan jalan keliling Eropa. Padahal dulu Bunda suka traveling, tapi karena baru saja memulai riset lagi, jadi gak memungkinkan membawa Nana keliling Eropa. Namun, kekhawatiran itu sirna sudah ketika Nibud (Nini Bude), Bude nya Bunda, alias kakaknya Nana, datang ke Belgiaaa.. Waaa, Hudza senang sekali dikunjungi Nibud, apalagi Bunda dan Nana. Nibud kebetulan baru beres nemenin suaminya meeting di Swiss, dan setelah suaminya pulang, Nibud jd bisa ke Belgia, sekaligus merencanakan trip keliling eropa sama Nana..

Wah, saat Nibud datang Bunda senaaang sekali akhirnya Nana bisa keliling eropa, setelah hampir sebulan di Belgia saja, walaupun saat Nana dan Nibud pergi, Bunda jadi berduaan sama Hudza. Keren deh Nana dan Nibud ini walaupun sudah golden age, tapi berani dan bisa traveling berduaan aja keliling eropa, ke Paris, Amsterdam dan Zaanse Schans, Berlin, Praha juga Munich, kesemuanya naik keretaa, wuiiih. Sampai sempat menyicipi kereta ICE yang belum pernah Bunda icipin. Wah, petualangan Nana dan Nibud benar2 luar biasa deh, Bunda nya aja kalah..

image

Nana dan Nibud ngebolang di Paris selama 6 jam saja, cerita lengkapnya bisa tengok di https://wanderlustmommy.wordpress.com/2015/09/18/sekilas-paris/

Senangnya lagi, Nibud ini kebetulan founder grup fotografi gitu, jadi foto2nya kece badaaaii, dan kami jadi bisa punya foto bertiga: Nana, Bunda dan Hudza, tentu Nana foto juga sama Nibud dan Hudza
image

Seusai kunjungan Nibud ke Belgia, Nana cuma punya waktu satu minggu lagi menjelang pulang ke Indonesia, yang berarti Mas Fikri akan segera datang!! Perasaan Bunda dan Nana saat itu campur2.. Kalau Nana pernah bilang, sudah kangen Bandung, juga kangen Yangkung, tp berat juga ninggalin Hudza yg lagi lucu-lucunya.. Kalau Bunda juga rasanya sedih mau ditinggal Nana, beda banget sama dulu2 pas tinggal sendirian di Gent, Bunda gak kerasa homesick dan selama Nana di Gent rasanya kayak di rumah aja.. Tapi di sisi lain tentu Bunda juga Kangen Ayah, ayahnya juga kangen Hudza, pengen segera lihat kebisaan baru Hudza, saat itu megang2 kaki, sambil kakinya dinaik2in ke atas hihihi.. Satu minggu menjelang kepulangan Nana ke Bandung, Nana sibuk cari oleh2 buat Yangkung , Auntie2 juga temen2 pengajiannya. Oiya, Hudza juga sempet dapet oleh2 lho dari Nana sepulang dari euro trip nya sama Nibud, berupa boneka tiger, sebagai teman boneka pooh yang saat itu masih sendirian..
image

Itulah hebatnya Nana, selalu pas kalau ngasih oleh2.. Dipikirin mana yang paling dibutuhkan dan cocok buat masing2 orang. Yangkung waktu itu dibeliin topi yang ada tulisan Gent nya, karena Yangkung suka berkebun, kalau Auntie Lia sama Dzilla dibeliin sepatu..

Akhirnya tiba juga saat Nana harus berpisah sementara dengan Hudza boy, Bunda cuma berharap Nana selama ini betah nemenin Hudza sama Bunda nya di Gent, seneng euro trip nya, jd gak kapok kalau mau ngunjungin Hudza lagi ke Belgia. Kata Hudza, jangan lupa ajak Yangkung juga ya..

Dadah Nana.. Sampai jumpa lagi di Indonesia beberapa saat lagi yaa, kalau waktu itu Hudza interaksinya baru ketawa2 dan sedikit ngoceh, nanti Hudza insya Allah bisa lebih banyak main sama Yangkung dan Nana.. See you in Bandung in about a week, sun dari Hudzaa..

image

Ini hari terakhir Nana di Gent, say bye to Nana, Hudza boy.. See you, Nanaa

#ODOPfor99days
#day9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s